Minggu, 17 Januari 2016

Upaya Mempertahankan Kecerdasan Otak

Judul : Otak Ideal: Makin Berumur, Makin Brilian
Penulis : Toshinori Kato, MD, PhD
Penerbit : Qanita
Terbitan : Pertama, September 2015
Tebal : X+214 halaman
ISBN : 978-602-1637-80-7
Dimuat: Koran Jakarta 15 Januari 2016

Setiap manusia selalu ingin hidup nyaman, walau kadang harus diperoleh secara tak etis. Padahal, kadang zona tidak nyaman memberi banyak pelajaran berarti. Salah satunya dapat meningkatkan fungsi otak. Pengalaman langsung menjadi guru terbaik terbentuknya otak brilian.

Spesialis otak, Toshinori Kato, mengklasifikasi zona otak berdasarkan fungsi dan tempatnya. Mereka adalah zona otak berpikir, emosi/perasaan, komunikasi, pemahaman, motorik, pendengaran, penglihatan, dan zona otak ingatan.

Zona-zona otak tersebut pada bayi belum berkembang. Proses pertumbuhan bayi yang diiringi dengan meningkatkan informasi mengembangkan dan menyambungkan antarzona otak. Cara efektif mengembangkan kecerdasan otak dengan terus menerus menambah pengalaman dan pengetahuan baru.

Untuk memupuk berbagai pengalaman dan pengetahuan baru di dalam otak, disarankan mencoba berbagai pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari, sekalipun sepele (hlm 9). Gengsi yang terlalu tinggi akan mempersempit pilihan gerak sehingga kesempatan menggunakan otak akan berkurang. Akibatnya, perkembangan otak tidak dapat berjalan maksimal (hlm 10).

Sekalipun terasa sederhana, berlibur sebagaimana direncanakan orang lain efektif untuk meningkatkan zona otak berpikir. Dengan menyerahkan perencanaan kepada orang lain, seseorang dapat pergi ke tempat yang sama sekali bukan tujuan. Dia juga dapat melakukan aktivitas di luar dugaan. Hal-hal di luar dugaan itu akan merangsang zona otak yang masih tidur (hlm 55).

Sedangkan mengubah gaya seperti rambut dan pakaian dapat meningkatkan zona otak perasaan. Pengalaman menjalani sesuatu yang berbeda sangat penting bagi perkembangan diri. Namun, hanya pengalaman yang dapat menggoyahkan perasaan atau emosi mampu mengembangkan zona otak perasaan (hlm 73).

Untuk meningkatkan zona otak komunikasi, disarankan mencoba memasak untuk orang lain. Ini secara tidak langsung sedang mempertimbangkan dan memperhatikan perasaan orang lain. Ketika seseorang memikirkan perasaan dan tanggapan orang lain, sebuah komunikasi terjalin, meski tanpa bicara. Ini juga melahirkan cara berpikir yang terstruktur dalam rangka mempererat hubungan antara diri dan orang lain (hlm 83).

Selain itu, ada beberapa jenis pekerjaan yang dapat meningkatkan zona otak berpikir seperti bidang manajemen dan akademik. Profesi yang dapat meningkatkan zona otak emosi sejenis aktor dan aktris. Jenis pekerjaan yang member ruang agar zona otak komunikasi semakin berkembang berkaitan dengan marketing. Pekerjaan yang dapat meningkatkan kemampuan zona otak pemahaman seperti pengacara, penulis, dan editor.

Sementara profesi yang mempermudah meningkatkan zona otak motorik adalah atlet dan seniman. Pekerjaan yang dapat meningkatkan zona otak pendengaran meliputi pemusik, operator telepon, guru, dan pengusaha. Aktivitas yang menggunakan zona otak penglihatan terdiri dari pembalap, pelukis, dan desainer. Sedang pekerjaan yang dapat meningkatkan zona otak ingatan seperti penerjemah, sejarawan, dan wartawan.

Buku Otak Ideal: Makin Berumur, Makin Brilian tidak seperti pelatihan otak biasa tentang menjaga dan meningkatkan daya ingat yang mulai menurun. Pengarang lebih menitikberatkan cara mengubah otak sesuai keinginan. Ada juga kiat-kiat praktis beserta ulasan singkat cara kerja setiap zona otak. Buku juga menyediakan 66 tips sederhana cara meningkatkan delapan zona otak tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar