Senin, 31 Agustus 2009

Ramadhan bulan intropeksi diri

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang paling istemewa diantara bulan-bulan yang lain, pada bulan yang istimewa ini terdapat malam yang sangat dahsyat, bulan yang lebih baik dari pada seribu bulan yaitu malam lailatul qadar.

Selain itu, di bulan ramadhan ini banyak momen-momen penting yang diturunkan Allah pada bulan itu seperti malam nuzulul qur’an, pada bulan itu juga terdapat ritual-ritual ibadah yang tidak bisa dikerjakan pada bulan-bulan yang lain, seperti sholat tarawih.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan yang penuh dengan keistimewaan, perlu kiranya intropeksi (muhasabah) diri terhadap perbuatan-perbuatan yang selama ini dikerjakan, apalagi kita umat islam baru saja “mengganti” buku catatan amal. Puasa yang akan dilaksanakan harus lebih baik dan sempurna dari pada bulan ramadhan yang tahun lalu.

Tapi, kenyataannya sangat sedikit sekali orang yang intropeksi dengan amal perbuatan yang telah dikerjakan selama ini, sehingga tidak siap untuk melaksanakan ibadah puasa untuk lebih baik dari yang tahun kemaren.

Karena belum siap melaksanakan puasa, bulan yang penuh keistimewaan ini dilewatkan begitu saja dengan perbuatan-perbuatan yang kurang manfaat. Sehingga ia termasuk orang yang rugi karena hari ini tidak bisa lebih baik dari pada hari kemaren.

Yang lebih parah lagi, karena belum sadar untuk mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah puasa, lembaga-lembaga prostitusi, korupsi, dan dosa-dosa sosial yang lain tetap saja berjalan dengan lancar. Sehingga untuk lelakukan kesadaran dan penertiban harus melibatkan pemerintah selaku penegak hukum, karena dengan penegakan hukum, sekalipun terpaksa mereka bisa insaf sekalipun hanya dalam waktu sekejap.

Bukan lantas membasmi tempat-tempat maksiat dengan bom bunuh diri atas nama agama tertentu, karena mengatasi masalah dengan seperti itu bukan mengatasi masalah, tapi menambah masalah. Kalau diantara kita melihat lembaga-lembaga perbuatan yang bertentangan dengan UUD Negara/islam, bukan lantas mencegah dengan tangan kita sendiri, tapi sampaikanlah ke pihak terkait untuk membasmi hal tersebut.

Pemerintah saat ini pada satu sisi sudah mulai membaik, karena mulai peka dengan perbuatan-perbuatan maksiat yang merugikan orang banyak (korupsi dan prostitusi), apalagi menghadapi bulan suci ramadhan ini. Senantiasalah membasmi tempat dan orang-orang yang merugikan negara dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar