Oleh : M. Kamil Akhyari
Tidak lama lagi sumenep akan menggelar pesta demokrasi, tepat pada putaran kalender 14 Juni 2010 jika tidak ada perubahan dari KPU. sembilan pasang calon yang akan maju menuju pendopo sudah di sebut-sebut dan mulai turun jalan untuk mengemis suara, Sepanjang jalan umum sudah dihiasi balehi dan poster para calon, sederetan nama yang akan menjadi penguasa sumenep mulai melakukan silaturrahim ke berbagai tokoh, di kabupaten pariwisata ini peran tokoh masih sangat urgen untuk mendongkrak suara calon yang bersangkutan.
Saat ini terdapat sembilan pasang Calon Bupati Calon Wakil Bupati (Cabup Cawabup) yang telah memastikan diri maju ke sumenep satu. Kalau kita tilik Cabup Cawabup Sumenep periode 2010-1015 ini, setidaknya ada dua macam cabup cawabup yang berangkat dari background yang berbeda; kaum sarungan (baca:kiai) dan kaum berdasi (baca:pengusaha), sekalipun kenyatannya dua background tersebut ada yang bersatu menjadi sepasang Cabup dan Cawabup.
Dua cabup tersebut yang berangkat dari entitas yang berbeda akan “berperang” untuk lolos menuju orang nomor satu di sumenep, tentunya dengan berbagai ragam cara dan metode yang akan di lakukan untuk menarik simpati masyarakat luas sehingga mimpi menjadi orang termasyhur di sumenep terwujud.
Cabup yang berangkat dari latar belakang kaum sarungan akan menggaet massa dengan senjata ampuhnya yaitu karisma yang ia miliki, karisma dinilai satu-satunya senjata yang paling ampuh. Karena masyarakat madura pada umumnya dan sumenep pada khususnya mayoritas orang islam yang sangat menghormati ulama (kiai) sebagai penerus estafet kenabian, bentuk ta'dim diaplikasikan dengan mengikuti fatwa-fatwa yang keluar dari mulutnya mulai dari problem agama, memilih jodoh, ekonomi. Bahkan masalah pengobatan resep kiai dinilai lebih berharga ketimbang resep yang di sarankan oleh dokter, dan persoalan politik masyarakatpun luluh kepada petuah kiai.
Namun setelah Pemilihan Umum 1999 dan 2004 kiai “jaya” dan berhasil menghiasi parlemen, pada saat itu pula karismanya mulai tumbang dan luntur karena orang yang dinilai jarang berbuat khianat, menipu dan ingkar janji ini perbuatannya tidak berbanding lurus dengan fatwa-fatwanya yang belum hilang dari telinga. Segudang janji yang di sampaikan saat kampanye untuk mensejahterakan masyarakat tidak bisa terwujud, habis manis sepah di buang. Setelah duduk di kursi yang empuk dan mobil yang nyaman lupa terhadap segudang janji manis yang pernah terlontar dari mulutnya saat mengemis suara masyarakat untuk mendukungnya. Mereka lupa tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan masyarakat. Konsep baldatun toyyibatun hanya (ada) di angan karena mereka tidak bisa memperbaiki nasib rakyat yang terus terkatung-katung.
Di sisi yang lain, cabup yang akan berebut Mobil Dinas Nopol “M 1” adalah pengusaha. Mereka tidak berbekal karisma yang dapat diandalkan seperti kiai, tapi mereka bisa merebut suara masyarakat lebih menggoda dari sekedar janji-janji manis yang di sampaikan kiai. Tumpukan uang jutaan bahkan miliaran yang telah dipersiapakan untuk kampanye pemenangan pemilihan umum membuat masyarakat terlena. Melihat uang melimpah di depan mata siapa yang tidak tergoda, di tambah lagi dengan janji-janji sedap. Fatwa-fatwa kiai untuk tidak menerima sogok (money politice) hilang begitu saja.
Saat kiai karismanya tidak dapat dijadikan kendaraan (untuk) mengantarkan menuju pendopo, karena telah dicoreng oleh kiai yang (pernah) duduk di parlemen, pengusaha sebagai figur baru plus dengan bekal uang yang memadai untuk “menyerang” semakin mudah untuk lolos dalam pemilihan umum. Kiai kalau tetap mengandalkan karisma yang semakin luntur akan hanya membuang-buang tenaga. Pada giliran selanjutnya untuk mempertahankan diri menuju orang terpenting di sumenep, kiai tak ketinggalan mengeluarkan uang untuk bersaing di masyarakat dengan godaan dan umbar janji yang dilakukan oleh tim sukses cabup pengusaha.
Dikala Kiai selaku warasatul anbiya' (pewaris para nabi) telah berani main money politice untuk menjadi penguasa, dimanakah sorban dan jubahnya diletakkan sebagai lambang orang yang tafaqquh fi al din? Karena menurut Prof. Dr. Abd. A'la beragama sebenarnya untuk mendewasakan umat, kalau bermain uang itu berarti memanjakan orang, itu sama sekali tidak menunjukkan kedewasaan. Jadi sejatinya, ia adalah orang yang tidak beragama (Fajar, edisi XVI, Desember 2009).
***
Sejatinya kiai tidak perlu terjun langsung ke dunia politik, karena beliau seharusnya menjadi “garda terdepan” istilah Prof. Dr. Abd. A'la. Tapi selaku warga negara yang sama-sama memiliki hak tidak ada masalah asalkan mampu memberikan “pengajian” moral di prndopo sehingga tidak hanya mengurus perutnya sendiri, tapi mampu mensejahterakan masyarakat.Menjelang pesta demokrasi 2010 ini kiai harus mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat, sehingga kiai memiliki kekuatan lagi untuk berkiprah ditengah masyarakat yang peranannya sangat di butuhkan.
Pertanyaannya sekarang dengan senjata apakah akan berperang untuk mengembalikan kepercayaan tersebut? Mulai dari masa pendaftaran, kampanye sampai pemilihan kiai politikus harus mampu tampil beda (ma'af) dengan pengusaha, mereka sebagai orang yang beragama harus mampu menanamkan nilai-nilai moral, sehingga mulai dari prosesi pemilihan sampai peralihan jabatan kembali tidak ada kecurangan dan terbentuklah negeri yang baldatun toyyibatun, serta kiai memiliki taring kembali. Semoga...
Diunduh dari : http://tabloid_info.sumenep.go.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar