Selasa, 05 November 2013

Pak Dubes Bicara TKI

Judul: Mr. Ambassador: Dari Wartawan Foto Menjadi Duta Besar
Penulis: M. Indro Yudono
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Terbitan: Pertama, Agustus 2013
Tebal: 260 halaman
ISBN: 978-979-22-9803-1
Dimuat di: Kedaulatan Rakyat

Tenaga Kerja Wanita (TKW) kita sering bermasalah di luar negeri karena ada yang salah dalam penyaluran tenaga kerja. Pemerintah harus mengubah regulasi pengiriman tenaga kerja jika beriktikad melindungi para pahlawan devisa. Tak cukup hanya merasa prihatin tanpa berbuat untuk memperbaiki sistem yang berlaku.

TKW banyak bermasalah ternyata karena tidak mampu mengerjakan tanggung jawabnya, semisal mengoperasikan peralatan canggih seperti mesin cuci, oven listrik, dan vacuum cleaner (hlm. 133). Sudah jelas-jelas tidak profesional, PJTKI masih saja meloloskan. PJTKI hanya berorientasi bisnis, sehingga mendidik asal-asalan tanpa memperdulikan keselamatan seseorang dan martabat bangsa.  

Herannya, masalah klasik tersebut terkesan dibiarkan. Sejak zaman Orba hingga sekarang, Kementerian Luar Negeri tidak pernah diajak duduk bersama membahas persiapan pengiriman TKI, sehingga perwakilan pemerintah di luar negeri kesulitan untuk melindungi mereka karena tak mengantongi data tempat tinggalnya (hlm. 135). Paling-paling hanya terimbas getahnya jika sudah bermasalah.

Problem inilah yang coba dilkuak M. Indro Yudono melalui buku Mr. Ambassador: Dari Wartawan Foto Menjadi Duta Besar, dalam salah satu babnya memberikan masukan yang perlu segera dieksekusi jika pemerintah beriktikad melindungi warganya di luar negeri. Terlepas dari kekurangan isi buku setebal 260 halaman itu, semua pihak yang punya kepedulian dengan TKW perlu menyimak cerita mantan Dubes Swiss itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar