Minggu, 08 November 2015

Indonesia dalam Ensiklopedia Tokoh Muslim Dunia

Judul : Ensiklopedia Tokoh Muslim
Penulis : Ahmad Rofi’ Usmani
Penerbit : Mizan
Terbitan : Pertama, Februari 2015
Tebal : 678 halaman
ISBN : 978-979-433-869-8
Dimuat di: Koran Madura, 16 Oktober 2015

Sebanyak 126 nama tokoh muslim Indonesia termaktub dalam Ensiklopedia Tokoh Muslim, sebuah buku yang memotret perjalanan hidup muslim terkemuka dari zaman klasik hingga kontemporer. Namun masih banyak muslim terkemuka Indonesia lainnya yang belum tercover, misalnya, KH. Ma'ruf Amin, KH. Said Aqil Siraj, KH. Hasyim Muzadi, dan Din Syamsuddin.

Ahmad Rofi' Usmani menyadari memang tidak mudah menetukan siapa saja tokoh-tokoh yang paling layak untuk dihadirkan, apalagi buku setebal 678 halaman itu disusun sendirian. Menurutnya, nama-nama tokoh yang dihadirkan hanya didasarkan pada nama-nama yang kerap hadir dalam pelbagai ensiklopedi, dengan sedikit sentuhan tambahan tokoh yang selama ini belum tercover.

Nama-nama tokoh muslim nusantara yang dihadirkan dalam buku terbitan Mizan tersebut terdiri dari pejuang, ulama, ilmuwan, pemikir, akademisi, birokrat, seniman, dokter, arsitek, sastrawan, budayakan, penulis, aktivis, ahli/pakar, dan pengusaha. Mereka disandingkan dengan tokoh muslim dari seluruh belahan dunia.

Dari sekitar 1.100 entry nama tokoh muslim dari berbagai belahan dunia, penulis tidak membatasi sekte atau mazhab tertentu. Bahkan, nama Mirza Ghulam Ahmad pun dihadirkan. Ia disebut sebagai pendiri Gerakan Ahmadiyah pada Sabtu, 21 Rajab 1306 H./ 23 Meret 1889 M., dan menganggap dirinya sebagai Al-Masih dan Al-Mahdi yang dinantikan (hlm. 436).

Tampaknya penulis berusaha menghindar sebagai "hakim" yang menetapkan benar salahnya sebuah aliran keagamaan. Dengan demikian, dari buku tersebut kita bisa memahami kontribusi mereka masing-masing di bidang yang mereka geluti dan tekuni tentu dengan segala plus dan minus, kelebihan dan kekurangan.

Ahmad Rofi' Usmani menyajikan dua pananggalan terkait peristiwa, yaitu hijriah dan masehi. Menurutnya kepada saya, situs "gregorian-hegira converter" dipilih sebagai alat verifikasi akhir. Namun sayang, buku tersebut tak ada sepatah katapun pengantar, baik dari penulis maupun dari penerbit. Demikian juga profil singkat penulis dan daftar rujukan tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar